Minggu, 29 Agustus 2021

Tips Mudah Pilih Scooter Anak

Scooter adalah salah satu permainan anak yang kini sedang ngetrend. Scooter yang sering juga disebut otopet ini sebenarnya sudah ada sejak lama semenjak film teletubies terkenal.

Jika Anda pernah menonton film teletubies, pemeran teletubies sering menggunakannya sebagai kendaraan. Saking lucunya permainan yang bernama scooter, sebagian anak kecil seringkali merengek kepada orang tuanya untuk dibelikan.

Namun, beberapa orang tua merasa khawatir, ditakutkan skuter bisa membuat anaknya jatuh. Padahal, apabila Anda sebagai orang tua mampu mengetahui tips memilih scooter untuk anak, Anda bisa saja membuatnya menjadi permainan yang tidak membahayakan. Inilah beberapa tips saat memilih scooter untuk si buah hati.

Tips Mudah Pilih Scooter Anak

Menyesuaikan Umur

Tak usah melarang anak untuk bermain scooter karena permainan ini tidaklah akan membahayakan jika Anda tahu scooter yang pas untuk si kecil. Apabila Anda sebagai orang tua ingin membelikan scooter anak, tak ada salahnya Anda menanyakan kepada ahlinya, misalnya tentang model scooter. Model skuter anak di pasaran begitu beragam.

Model sengaja dibuat bervariasi supaya konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Anda sebagai orang tua cobalah bertanya pada penjual scooter yang seperti apa yang pas sesuai dengan umur anak. Lebih baik Anda memberikan scooter yang sesuai dengan umur anak supaya scooter lebih nyaman ketika anak mengendarainya.


Memilih Model

Scooter anak ditawarkan dengan beragam model. Bukan hanya warna atau model scooter saja yang berbeda melainkan juga jumlah roda pada scooter. Jumlah roda sengaja dibuat berbeda supaya dapat digunakan sesuai dengan umur anak.

Pada scooter anak yang usianya masih balita, scooter didesain dengan roda empat, dimana 2 roda di depan dan 2 roda di belakang. Untuk usia yang 3 sampai 5 tahunan, scooter anak dipasangkan 3 roda, dimana 2 roda di belakang dan satu roda di depan.

Dan untuk anak usia 6 sampai 8 tahun, roda scooter berjumlah 2 saja. Kira kira mana model scooter anak yang sesuai dengan si kecil? Banyak sedikitnya roda akan menentukan keseimbangan scooter ketika si kecil mengendarainya, jadi jangan sampai salah pilih.


Memperhatikan Ukuran Scooter

Demi kenyamanan si buah hati saat mengendarai scooter, orang tua wajib memilihkan scooter dengan ukuran yang sesuai. Jangan sampai berpikir, mending beli yang besar supaya bisa awet dipakai.

Pikiran yang seperti itu malah bisa membahayakan anak. Ketika Anda membeli scooter, mintalah si kecil untuk mencobanya. Ukuran scooter terutama tinggi stang setidaknya pas di dada anak. Atau, jika memang orang tua ingin memberikan scooter yang awet untuk beberapa waktu, pastikan memilih scooter yang stangnya bisa dinaik turunkan disesuaikan dengan tinggi anak.


Memilih Bahan Scooter

Scooter anak dibuat dengan beragam bahan. Biasanya, untuk scooter anak yang dipakai oleh anak umur 2 tahun, scooter dibuat dari bahan plastik. Kelebihan scooter ini lebih ringan ketika anak memakainya sehingga lebih seimbang saat dipakai. Ada pula scooter yang terbuat dari logam. Scooter dari logam ini lebih berat.

Mungkin ketika anak kecil memakainya, anak akan merasa keberatan dan pertama kalinya mereka pasti akan kurang seimbang. Namun, untuk tingkat keawetannya, tentu saja scooter anak dari bahan logam lebih awet dibandingkan dari scooter bahan plastik.


Memperhatikan Rem Scooter

Memilihkan scooter untuk anak memang tidak mudah karena anak akan rentan terjatuh jika baru saja memakainya. Tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai sebuah alasan untuk tidak membelikannya karena Anda sebagai orang tua tetaplah bisa mendapatkan scooter yang aman untuk anak.

Salah satunya, pilihlah scooter yang memiliki rem pada bagian roda belakang. Rem di pada roda belakang dianggap lebih aman untuk anak kecil. Memang, ada pula scooter yang memiliki rem pada bagian depan. Tetapi rem depan bisa membuat anak terjungkal. Jadi, yang paling aman adalah scooter yang memiliki rem pada bagian roda belakang. Apalagi jika anak masih usia 2 sampai 3 tahunan.

banner
Latest
Next Post