Rabu, 25 Agustus 2021

Fakta Menarik Mobil Tesla, Mulai dari Harga Selangit hingga Fitur Keselamatan yang Unik

Mobil listrik kini banyak dilirik oleh banyak orang termasuk di Indonesia. Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah mobil listrik milik Tesla. Terutama Tesla Model 3, dimana penjualannya paling laku dibanding Tesla Model S dan Tesla Model X.

Mobil listrik juga disukai karena lebih irit. Anggaran mobil listrik untuk membeli bahan bakar hanya berkisar Rp 400 ribu saja. Hal ini relatif hemat jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang mencapai Rp 4 juta per bulan.

Kisaran Harga Tesla Di Indonesia, mobil listrik Tesla diimport langsung oleh Prestige Motorcars yang dikenal menjadi salah satu perusahaan importir kendaraan dari Amerika dan juga Eropa. Tesla Model 3 menjadi yang paling laris di pasaran Indonesia. Mobil ini termasuk jenis mobil dengan harga termurah yang dikeluarkan oleh Tesla. Harganya berkisar US$ 35.000 atau Rp 466 juta.

Fakta Menarik Mobil Tesla, Mulai dari Harga Selangit hingga Fitur Keselamatan yang Unik

Produk Tesla ini  mampu berakselerasi dari 0-60 mph hanya dalam waktu kurang dari 6 detik. Kelebihan lainnya terletak di teknologi supercharge yang mana membuat pengisiannya menjadi lebih cepat. 

Sedangkan Tesla Model X merupakan jenis mobil SUV yang dibekali dengan mesin bertenaga listrik yang mampu melesat dengan kecepatan 100km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik saja. Untuk jenis yang satu ini, memang cocok digunakan sebagai mobil keluarga.

Selain keamanannya yang sudah terjamin, Tesla X juga dilengkapi teknologi Tesla Self-Driving yang membuat mobil ini dapat berjalan dengan otomatis.  Seri  ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,25 miliar. Sementara itu, untuk Tesla Model S, diklaim memiliki akselerasi mulai dari 0-100 km hanya dalam waktu 5,5 detik.

Mobil ini juga mampu menempuh jarak sekitar 300 km, dalam keadaan baterai penuh. Pemasaran Unik Model S memproduksi beberapa tipe yang dipasarkan di Indonesia, antara lain adalah tipe Tesla P75D, P85D, P60D dan yang terakhir P100D. Produk otomotif canggih ini dibanderol dengan harga antara Rp 2 – 4,4 miliar.

Terakhir ada Tesla Roadster 2, mobil ini juga diklaim mampu menandingi kecepatan mobil tercepat di dunia. Kecepatan akselerasinya di angka 1,9 detik untuk mencapai 60 mph, hal ini diungkapkan langsung oleh Elon Musk ketika peluncuran mobilnya di California, Amerika Serikat.

Pemasaran mobil ini cukup unik. Untuk 1000 pesanan pertama, Tesla mematok harga Rp 3,3 miliar, mereka ini dianggap sebagai kaum eksklusif. Sedangkan untuk pemesanan periode kedua harganya turun menjadi Rp 2,7 miliar.

Keunggulan Mobil Tesla Berikut adalah beberapa keunggulan Tesla :  

Mobil yang Sangat Aman Tesla merupakan mobil dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Seri S misalnya, memiliki antam yang nyaris tidak bisa dihancurkan. Hal lain yang membuatnya aman adalah mobil Tesla hampir mustahil untuk terbalik. Sebab, baterai-baterai di mobil Tesla cukup berat, sehingga sulit untuk bisa terbalik.

Tak heran, Tesla memang selalu mendapat nilai yang tinggi pada saat menjalani uji coba keselamatan yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration   Emisis Gas Buang yang Sedikit Karena mengandalkan baterai untuk menjalankan mobilnya, emisi gas buang yang dihasilkan pun sangat minimal.

Sumber energi bagi mobil listrik ini adalah battery lithium. Jadi seperti gadget yang diisi ulang baterainya jika sudah habis Penggunaan Bahan Bakar yang Lebih Murah PT PLN (Persero) menyebut harga pengisian listrik cepat (fast charging) lebih murah dibanding tarif membeli bahan bakar bensin.   

Teknologi Canggih Berbagai teknologi mutakhir sudah disematkan di mobil Tesla. Misalnya fitur autopilot. Fitur ini memungkinkan pengendara hanya duduk manis dan tidak capek menyetir. Ada pula delapan kamera yang siap membantu melihat 360 derajat untuk mengetahui keadaan sekitar mobil.  

Bertenaga super Model X 75D memiliki kapasitas baterai 75 kWh. Mobil tersebut dapat melaju dengan kecepatan maksimum hingga kecepatan 210 km/jam dan jarak tempuh maksimal 380 kilometer.

Sementara Tesla Model S menggunakan baterai 85D (85kw), tenaga maksimum yang bisa dikeluarkan motor listriknya adalah 417 hp dengan torsi 485 Nm. Angka tersebut sudah mendekati mobil kelas super car.

 

banner
Previous Post
Next Post